Selasa, 11 September 2007

Jalan Rusak
Perbaikan Ruas Pekayon- Jatiasih Bertahap

Bekasi, - Setelah berkali-kali dikeluhkan warga, ruas Jalan Raya Pekayon-Jatiasih direncanakan akan segera diperbaiki Pemerintah Kota Bekasi. Namun, karena keterbatasan dana, perbaikan salah satu ruas jalan provinsi di wilayah Kota Bekasi itu terpaksa harus dilakukan secara bertahap.

Ruas Jalan Raya Pekayon-Jatiasih merupakan salah satu akses utama pergerakan warga dari Kota Bekasi ke wilayah Jakarta Timur atau Kabupaten Bogor dan sebaliknya, dari Jakarta atau Bogor menuju Kota Bekasi.

Ruas jalan yang membentang sepanjang 12 kilometer dari wilayah Kecamatan Bekasi Timur sampai Kecamatan Jatiasih ini termasuk salah satu akses menuju Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/ JORR).

Kondisi jalan provinsi ini memang memprihatinkan. Dalam pengamatan hari Jumat (4/8) lalu, kerusakan hampir merata di seluruh ruas jalan ini, kecuali di sekitar eks bangunan Goro yang sudah mulus. Kerusakan paling parah terlihat di sepanjang 2 kilometer, mulai dari kompleks perumahan Jaka Kencana.

Sebagian badan jalan dipenuhi lubang dan bagian pinggirannya ambles. Di depan perumahan Pondok Mitra Lestari, misalnya, kerusakan terjadi di kedua lajur jalan. Lapisan aspalnya nyaris tak tersisa.

Sebelumnya Wali Kota Bekasi Akhmad Zurfaih mengaku akan mengajukan tambahan anggaran untuk perbaikan ruas Jalan Raya Pekayon-Jatiasih dalam perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi tahun 2006.

"Kebutuhannya sekitar Rp 20 miliar, tetapi anggaran yang ada baru Rp 5 miliar. Itu pun baru akan diajukan dalam Anggaran Belanja Tambahan nanti," kata Zurfaih. Anggaran tersebut cukup untuk memperbaiki kerusakan jalan sepanjang 3 sampai 4 kilometer.

Tidak ada komentar: